Yuk bikin bareng OFIW media

 Hai sobat guru smua..gimana kabarnya?baik-baik aja kan? hehehe..nih saya mau sharing sesuai janji yang dulu..tutorial cara bikin OFIW media..sudah lama nunggu ya? maaf ya karena banyak kesibukan jadi telat deh kasih tau cara bikin media pembelajaran yang menarik ini. Btw sudah tahu kan apa itu OFIW media? klo belum klik aja disini pemaparannya.
Well, langsung saja deh tidak banyak cincong, go to the tekape..
Sebelumnya kita harus download dulu amuisinya.nih lgsg aja deh (klik aja yaaa)
1. Xampp (menjadikan laptop kita jadi server).
2. Database (berisi database media ini, nnt kita tinggal import tanpa ribet)
3. Notepad++ (untuk mengedit tulisan ofiw media)
    - 64 bit klik disini
    - 32 bit klik disini
4. iSpring suite (untuk membuat quiz dan konversi ppt ke flash)
5. flash player activex (khusus win7 kebawah).
6. My wifi router (menambah user/klien)

Sudah didonlut semua amunisinya? klo sudah selanjutnya kita mulai langkah demi langkah.
1. Kita instal dulu xampp. Cara instalnya klik aja tutorial disini. lengkap dengan gambar. Setelah instal RESTART laptop agar xampp berjalan dengan sempurna.
2.Buka xampp control panel dan aktifkan (start) apache dan mysql. selanjutnya bikin database untuk kuis. Lebih jelasnya klik aja disini tutorial lengkap plus gambar.
3. Copy file caksin1 (database yang tadi di donlut) dan paste di localdisk>xampp>htdocs dan rename sesuai selera. Jelasnya silahkan klik tutorial lengkap disini.
4. Saatnya mengedit tulisan dan isi yang ada di media Ofiw ini. Perlu diketahui media ini bisa diterapkan berbagai pelajaran istilahnya one for all hehehe.Langkah pertama instal dulu notepad++ sesuai dengan tipe laptop 32 atau 64 bit. Jika ingin tahu cara mengetahui berapa bit laptop kita klik aja disini. Setelah di instal lakukan langkah pengeditan sesuai dengan langkah tutorial disini
5. Setelah mengedit tulisan, langkah selanjutnya adalah  menginstal iSpring suite. Caranya silahkan klik disini.
6. Setelah selesai instal iSpring suite saatnya kita bikin kuis seperti yang saya share sebelumnya. Caranya klik disini. Akhirnya tuntas sudah tutorial bikin OFIW media. Pertanyaanya adalah bagaimana penerapanya di kelas?
7. Sebelum kita terapkan media dikelas kita harus punya HP yang bisa tetering atau mifi andromax seperti yang saya lakukan atau ada akses wifi walau tdk ada internet. Setelah itu baca tutorial lengkapnya disini.
8. Ada tambahan lagi untuk memudahkan rekap nilai hasil kuis murid kita. klik aja disini.

Sekian tutorial cara bikin OFIW media dan penerapanya dikelas. Mohon maaf dan tetep chemungud. Kami mohon saran dan kritik. Jika ada pertanyaan mhn lagsg aja komentar dibawah. Maturnuwun.

Comments :

0 komentar to “Yuk bikin bareng OFIW media”

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto saya
Guru Amatir, Memulai pendidikan dasarnya di kampung halaman yg dilanjutkan dengan pendidikan menengah di MTsN dan MAN Denanyar Jombang dan menyelesaikan Pendidikan tingginya di Harvard University(stiil in my dream he....). Saat ini sedang belajar menularkan pengalamannya di SMK Negeri 4 Malang

Pengikut